Menu

24 March 2014

Mengembalikan Keadaan Agar Lebih Baik

    Kerusakan lingkungan hidup terjadi sebagai ulah akibat tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya yang terkandung di alam. Jika proses perusakan unsur-unsur lingkungan hidup tersebut terus menerus dibiarkan berlangsung, kualitas lingkungan hidup akan semakin parah. Oleh karena itu, manusia sebagai aktor yang paling berperan dalam menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup perlu melakukan upaya yang dapat mengembalikan keseimbangan lingkungan agar kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya dapat ber kelanjutan.
Upaya pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan lingkungan hidup, yaitu Undang- Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Undang-undang tersebut kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1999 mengenai Analisis Dampak Lingkungan, PP No. 19 Tahun 1999 mengenai Pengendalian Pencemaran Danau atau Perusakan Laut, dan Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, serta Undang Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

        Banyaknya penebangan pohon secara liar tanpa memperhatikan yang terjadi berakibat fatal diantaranya kebakaran dan banjir. Hutanakah masih lestari?  tidak. Lingkungan kita sekarang dihiasi oleh banyaknya sampah. Air merupakan hal terpenting dalam kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Dahulu air tanpa dimasak pun aman untuk diminum tapi sekarang air sudah tercemar karena yang tadinya menjadi paru-paru dunia sekarang terkotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Saat ini hutan sulit menahan debit air hujan dan menetralisir udara karena telah gundul. Ingatkah pelajaran yang mengatakan bulan Oktober-April musim penghujan dan April-Oktober musim kemarau apakah berlaku dengan keadaan saat ini? saya rasa tidak karena yang kita rasakan saat ini merupakan efek dari tercemarnya lingkungan. Indahnya lingkungan ini jika kembali lestari dan banyak kehidupan yang masih bertahan di bumi ini.
Mulai dari hal yang terkecil kita dapat merubahnya. Mari kita mulai dengan diri kita sendiri, lingkungan sekitar kita dan selanjutnya ketingkan yang lebih besar yaitu bumi kita. Ingin kah anda menikmatii kicauan burung di pagi hari, segarnya udara di pagi hari dan banyaknya lagi keindahahan yang dapat kita lihat jika hal itu dapat terwujud. Akantetapi hal itu sebagian termakan oleh sebuah kepunahan yang di akibatkan oleh teman-teman kita yang tidak bertanggung jawab yang hanya memikirkan uang semata tanpa berpikir akibat yang akan di timbulkan.
Mari berkaca pada keadaan lingkungan kita saat ini dan renungkan. Apakah kita akan hidup dalam keadaan yang semakin memburuk, tanpa ada usaha untuk mengembalikan keadaan agar lebih baik supaya anak cucu kita nantinya bisa menikmati apa yang bisa kita rasakan saat ini. Berawal dari menggunakan apa yang ada dilingkungan kita dengan seperlunya dan menjaga nya serta mengganti yang telah rusak itu dapat mempengaruhi perubahan yang lebih baik untuk lingkungan kita.
Tanam pohon untuk kehidupan tentram dan damai, pohon untuk masa depan kita dan penerus-penerus kita serta lingkungan yang bersih untuk kesehatan kita. Mari kita menjaga lingkungan kita karena apapun yang terjadi pada lingkungan kita akan berpengaruh dalam kehidupan kita.
Mari jaga dan lestarikan lingkungan untuk kehidupan anak cucu kita yang lebih baik !!!


No comments:

Post a Comment