Menu

29 September 2013

Mengenal Efek Samping Bawang Putih Mentah

 


Efek Samping Bawang Putih
Bawang putih telah lama dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk beragam penyakit selama lebih dari 3.000 tahun. Peneliti dan profesional kesehatan menyatakan bawang putih memiliki anti-mikroba dan antibiotik jika dikonsumsi. Bawang putih memang obat herbal alami yang sangat aman untuk di konsumsi. Namun, sama seperti obat lainnya, kita tetap harus mewaspadai beberapa efek samping bawang putih. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari bawang putih mentah yang dikonsumsi untuk tujuan pengobatan :

1. Bau Badan
Bau badan yang tidak sedap adalah efek samping utama ketika kita mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak. Bawang putih akan masuk melalui pencernaan dan benar-benar meresap pada sistem metabolisme tubuh anda, setiap sekresi tubuh akan memiliki bau bawang putih. Bau ini cenderung akan bertahan seminggu atau lebih dan hilang setelah konsumsi bawang putih dihentikan.

2. Bau Mulut
Kita semua tahu bagaimana makanan dapat mempengaruhi aroma napas kita setelah makan, sehingga kita hanya bisa berharap ketika makan bawang putih mentah aromanya akan cepat hilang. Minum jus bawang putih dan makan bawang putih mentah akan menyebabkan bau mulut yang parah. Untungnya, bau mulut yang tidak sedap akan menghilang setelah anda menghentikan konsumsi bawang putih dan menyikat gigi. Tetapi anda akan tetap mendapati bau badan untuk beberapa jam kedepan karena bawang putih telah meresap kedalam tubuh anda.

3. Antikoagulan
Karena sifat bawang putih yang bisa mengencerkan darah, atau memiliki sifat antikoagulan, maka berhati-hati dalam mengkonsumsi sejumlah besar bawang putih sebelum operasi atau jika Anda sedang mengonsumsi obat lain yang mungkin memiliki sifat antikoagulan. Mengkonsumsi bawah putih dalam jumlah banyak sebelum operasi sangat tidak disarankan karena mampu menyebabkan resiko perdarahan yang berlebihan.

4. Masalah Pencernaan
Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan perut dalam berbagai bentuk setelah makan bawang putih mentah. Efek samping tertentu mungkin termasuk sakit perut, diare, muntah, perut kembung dan gangguan asam lambung.

5. Reaksi Alergi
Seperti makanan atau bahan herbal lain, efek samping bawang putih juga bisa menimbulkan beberapa reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut mungkin ditandai dengan timbulnya ruam, kulit mengelupas, mual, muntah, sakit kepala, demam dan sesak napas. Dan jika ada pembengkakan pada lidah, mulut atau tenggorokan terjadi, disarankan untuk segera mencari pertolongan dokter anda atau pada seorang profesional medis.

Referensi dari : http://akardanumbi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment