Menu

28 September 2013

Cara Menanam Hidroponik Yang Baik Dan Benar

Buat anda yang ingin berkebun tapi tidak mempunyai lahan yang luas tidak usah bingung karena sekarang anda bisa menggunakan cara menanam hidroponik. Dengan cara ini anda dapat menanam sayuran serta tanaman hias di teras ataupun di dalam rumah. Hidroponik merupakan cara menanam dengan menggunakan media air, dengan begitu anda tidak memerlukan tanah / lahan yang luas. Dalam arti lain disebut juga sebagai  metode budidaya tanaman yang menggunakan air sebagai medianya lalu ditambahkan dengan nutrisi yang bukan berasal dari tanah. Dengan menggunakan cara ini anda dapat mengelola kebun lebih mudah mulai dari pengendalian hama, nutrisi, serta pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang dibudidayakan.



Dalam cara menanam hidroponik kita tidak membutuhkan pemakaian pestisida dan herbisida beracun, dengan demikian akan mengurangi pemakaian dana serta ramah lingkungan sehingga hasil panen tanaman tersebut akan lebih sehat. Bertanam dengan menggunakan cara hidroponik akan membuat hasil panen menjadi berkualitas baik serta bebas kimia. Dalam berkebun hidroponik ada banyak cara yang bisa kita terapkan salah satunya adalah kultur air / disebut dengan nutriculture atau aquaculture. Cara ini merupakan metode hidroponik dengan cara merendam akar dari tanaman tersebut ke dalam air yang sudah dicampur dengan campuran kompleks nutrisi. Ada juga yang disebut dengan kultur agregat, cara ini merupakan cara bertanam dengan menggunakan media seperti pasir, kerikil, dan kelereng sebagai tempat tanaman tumbuh. Dengan cara media agregat ini nutrisi akan diserap langsung oleh akar.

Ada juga cara hidroponik kontinyu, cara ini merupakan cara bertanam dengan mengalirkan nutrisi langsung ke akar tanaman dengan menggunakan pompa. Cara ini banyak digunakan dalam pertanian dengan skala besar. Dan yang terakhir adalah hidroponik aeroponik yang merupakan cara bertanam dengan cara menggantungkan akar tanaman ke udara, selanjutnya dilakukan penyemprotan kabut secara berkala dengan air yang sudah diperkaya nutrisi. Manfaat dari cara menanam hidroponik adalah mudah dalam perawatannya seperti suhu, nutrisi dan cahaya. 

No comments:

Post a Comment